Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 4 Tanaman yang Paling Dibenci oleh Nyamuk

4 Tanaman yang Paling Dibenci Nyamuk

Nyamuk adalah hewan serangga yang biasanya hidup berkelompok dan berkembang biak di daerah yang lembap dan gelap. Selain itu hewan yang memiliki nama ilmiah Culicidae ini juga sering berada di tempat-tempat yang sering digenangi air. Meski berukuran kecil, tapi hewan jenis avertebrata ini termasuk hewan serangga yang paling mematikan di dunia.(dilansir dari Liputan 6)

Salah satu cara yang efektif untuk mengusir dan mencegah nyamuk agar tidak hidup dan berkembang biak di sekitar tempat tinggalmu adalah dengan menanam tanaman-tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk.

4 Jenis Tanaman yang Paling Tidak Disukai Oleh Nyamuk

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 4 tanaman yang paling dibenci oleh nyamuk:

1. Eucalyptus

Eucalyptus salah satu tanaman yang dibenci oleh nyamuk. Jika kamu ingin tidur dengan nyaman tanpa gangguan nyamuk, kamu bisa menanam tanaman ini di sekitar rumah kamu.

Tanaman Eucalyptus efektif menangkal nyamuk karena tanaman asli Australis ini mengeluarkan aroma khasnya yang tajam. Bahkan tanaman Eucalyptus ini bisa kamu tanam di dalam pot dan juga bisa diletakkan di dalam kamar atau ruangan. Salah satu jenis tanaman Eucalyptus yang terkenal di Indonesia adalah tanaman Kayu Putih.

2. Cengkeh

Siapa sangka tanaman berukuran kecil ini ternyata tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman yang bahasa ilmiahnya Syzygium Aromaticum ini banyak hidup dan tumbuh di daerah Maluku Utara dan Sulawesi.

Cengkeh mengandung minyak atsiri yang memiliki aroma yang wangi bagi manusia tapi justru tidak disukai oleh nyamuk. Biasanya cengkeh digunakan bersamaan dengan jeruk nipis untuk mengusir nyamuk.

3. Tanaman Jeruk

Semua jenis tanaman jeruk juga sangat tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman jenis jeruk antara lain jeruk nipis, lemon, jeruk purut, jeruk limau.

Semua jenis tanaman jeruk menghasilkan minyak atisiri dan mengandung zat limonena sehingga mengeluarkan aroma yang khas. Sebagian besar limonena berada di kulit jeruk.

4. Daun Zodia

Zodia adalah salah satu kekayaan flora Indonesia yang banyak tumbuh di daerah Papua. Zodia biasa mereka gunakan untuk mengusir nyamuk dengan cara mengoleskan daunnya ke tubuh, tangan dan kaki.

Tanaman Zodia ini ternyata mengeluarkan aroma yang tajam yang sangat tidak disukai oleh nyamuk.