Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review dan Penjelasan Lengkap Aplikasi Virgo

Saat ini dompet elektronik atau e-wallet di Indonesia terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dompet elektronik (e-wallet) adalah sarana alat pembayaran menggunakan uang elektronik, menyimpan uang dan juga pembayaran dalam bentuk perangkat lunak (software) berbentuk aplikasi.

Jadi aplikasi adalah sebuah perangkat lunak berkemampuan komputer yang memiliki fitur dan fungsi tertentu sesuai keinginan pengguna. di aplikasi Virgo ini berfungsi sebagai e-wallet.

Apa Itu Aplikasi Virgo

Aplikasi Virgo adalah aplikasi dompet elektronik yang dibuat oleh PT. Capital Net Indonesia yang mulai dirilis di Google Play Store pada tanggal 15 Oktober 2021 dan terus mengalami update aplikasi. Manfaat aplikasi Virgo ini antara lain untuk melakukan pembelian pulsa, pembelian data internet, pembayaran tagihan listrik dan pembelian token listrik. Aplikasi Virgo versi 1.6.2 ini bisa didownload dan diinstal di perangkat smartphone OS Android minimal 5.0. Aplikasi Virgo telah terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia.

Hal menarik yang ditawarkan aplikasi Virgo ini adalah pengguna bisa melakukan top up saldo akun Virgo dari uang kembalian saat pengguna berbelanja di Alfamart/Alfamidi.

Isi saldo Virgo dari uang kembalian belanja di Alfamart

Saat pengguna menerima uang kembalian dalam bentuk uang receh dari Alfamart/Alfamidi, uang ini bisa dimasukkan atau ditop up ke saldo akun Virgo pengguna. Pengguna cukup meminta kasir Alfamart memasukkan uang kembalian tersebut ke akun Virgo pengguna. Syaratnya adalah total uang kembalian maksimal Rp 1.999.

2 Jenis Keanggotaan di Aplikasi Virgo

Di aplikasi Virgo ini, pengguna dibedakan menjadi 2 jenis keanggotaan, yaitu:

1. Unregistered Account/Unverified Account

Batas maksmimal saldo jenis Keanggotaan Unregistered Account/Unverified Account ini adalah Rp 2.000.000 dengan batas transaksi penerimaan dalam 1 bulannya maksimal Rp 20.000.000.

Pengguna anggota Unverified Account masih bisa menikmati fitur-fitur terbatas yang ada di aplikasi Virgo. Anggota Unregistered Account tidak bisa menikmati fitur "Transfer" dan tidak bisa mengikuti beberapa promo menarik dari Virgo. Pada saat berhasil melakukan pendaftaran pertama kali, pengguna secara otomatis sudah berstatus anggota Unverified Account. Untuk mengubah keanggotaan menjadi Registered Account/Verified Account pengguna harus melakukan proses upgrade account terlebih dahulu.

2. Registered Account/Verified Account

Pengguna dengan jenis anggota Registered Account/Verified Account ini sudah bisa menikmati semua fitur/layanan dan promo-promo yang ada di aplikasi Virgo. Batas saldo maksimal keanggotan ini adalah Rp 10.000.000, sedangkan batas maksimal transaksi penerimaan dalam 1 bulannya sama seperti jenis anggota Unverified Account yaitu Rp 20.000.000.

Cara Daftar Akun di Aplikasi Virgo

Berikut ini penjelasan lengkap dan langkah-langkah cara daftar akun Virgo:

  1. Download dan Install Aplikasi Virgo di Google Play Store.

    Langkah pertama kamu harus mendownload dan menginstall aplikasi Virgo terlebih dahulu di Google Play Store. Pastikan perangkat smartphone kamu memiliki versi minimal 5.0+ (Lollipop). Untuk mengetahuinya, kamu bisa buka di menu smartphone kamu, lalu pilih "About Device" atau "Tentang Perangkat".


  2. Buka aplikasi Virgo dan klik "Daftar Sekarang!"
  3. Kamu diarahkan ke halaman Syarat dan Ketentuan, silakan kamu baca atau langsung gulir layar hingga ke bawah, lalu klik "Setuju"
  4. Masukkan nama dan nomor handphone kamu.

    Masukkan data yang sebenarnya. Jangan menggunakan nama panggilan atau alias, karena ini akan berkaitan dengan nama pemilik rekening bank kamu. Nomor handphone pastikan masih aktif, karena kode verifikasi (OTP) akan dikirim ke nomor handphone ini melalui SMS.

  5. Masukkan Kode OTP yang dikirim melalui SMS
  6. Masukkan 6 Digit Passcode Kemudian Masukkan sekali lagi untuk konfirmasi.

    Pastikan kamu menggunakan 6 digit angka yang mudah kamu ingat. Karena kamu akan diminta memasukkan passcode ini setiap akan login dan transaksi di aplikasi Virgo.

  7. Registrasi selesai. Selamat! kamu sudah memiliki akun Virgo.

Promo-Promo Aplikasi Virgo Bulan Maret 2022

Bulan Maret 2022 aplikasi Virgo mengadakan 4 promo untuk pengguna baru maupun pengguna setianya. Promo-promo aplikasi Virgo antara lain:

1. Bonus Hingga Rp 12.000 Top Up Kembalian Pertama di Alfamart/Alfamidi

Di Perode 1 Maret - 31 Maret 2022 pengguna baru yang melakukan uang kembalian pertama kali dari belanja di Alfamart/Alfamidi akan memperoleh kesempatan mendapatkan bonus saldo Virgo sebesar Rp 12.000.

Pengguna baru adalah pengguna yang belum pernah melakukan transaksi di Virgo sebelumnya (tidak termasuk transaksi top up saldo melalui Alfamart/Alfamidi atau Bank). Kuota promo ini terbatas untuk 196.543 pengguna pertama.

Selain itu, pengguna setia yang melakukan uang kembalian pertama kali dari belanja di Alfamart/Alfamidi juga akan memperoleh kesempatan mendapatkan bonus saldo Virgo sebesar Rp 5.000.

Pengguna setia adalah pengguna yang sudah pernah melakukan transaksi di Virgo sebelumnya seperti pembelian pulsa, pembelian kuota, pembayaran tagihan listrik atau pembelian token listrik menggunakan aplikasi Virgo. Kuota promo ini terbatas untuk 181.471 transaksi pertama.

Pengguna akan memperoleh bonus saldo Virgo dalam 2x24 jam setelah transaksi top up kembalian berhasil dan akan mendapatkan notifikasi di aplikasi Virgo saat bonus saldo telah berhasil masuk ke saldo akun Virgo.

2. Cashback 100% untuk Pembayaran Pembelian di UniPin

Di periode 1 Maret - 20 Maret 2022 aplikasi Virgo memberikan promo menarik berupa cashback 100% dari pembayaran maksimal Rp 5.000 di website UniPin menggunakan metode pembayaran Virgo. UniPin adalah penyedia layanan pembayaran game online dan juga produk-produk digital di seluruh dunia. Promo ini berlaku untuk pengguna baru yang belum pernah melakukan transaksi di Virgo sebelumnya (tidak termasuk top saldo melalui Alfamart/Alfamidi atau Bank). Promo ini berlaku untuk 900 pengguna pertama setiap harinya.

Untuk bisa mengikuti promo cashback 100% Virgo ini, pengguna harus memiliki akun di UniPin yang telah terhubung dengan akun Virgonya. Caranya cukup mudah, klik tanda tambah (+) di sebelah E-Wallet profil akun UniPin kemudian klik "Linkage". Lakukan pembelian di website UniPin (maksimal Rp 5.000) dan gunakan Virgo sebagai metode pembayarannya.

Pengguna yang beruntung akan mendapatkan cashback 100% dalam waktu 2x24 jam setelah transaksi pembayaran di UniPin berhasil dilakukan. Pengguna akan memperoleh notifikasi di akun Virgo setelah cashback berhasil masuk ke saldo akun Virgo.

3. Gratis Biaya Transfer Out Saldo

Periode 1 Maret - 31 Maret 2022 Virgo mengadakan promo gratis biaya transfer out saldo ke rekeninng bank apapun (gratis biaya penarikan saldo akun Virgo ke rekening bank). Pengguna akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.500 untuk setiap penarikan (transfer out) saldo akun Virgo ke rekening bank. Namun di periode ini pengguna akan memperoleh cashback biaya admin dan akan diterima dalam waktu 2x24 jam.

Syarat untuk mengikuti promo ini pengguna harus berstatus keanggotaan Verified Account dan sudah melewati proses KYC. Dan promo ini berlaku maksimal 5x transaksi transfer setiap bulan untuk satu akun Virgo.

4. Gratis Biaya Isi Saldo Virgo

Masih di periode 1 Maret - 31 Maret 2022 aplikasi Virgo juga menawarkan promo gratis biaya isi saldo akun Virgo. Seperti aplikasi e-wallet lainnya, Virgo mengenakan biaya admin Rp 1.000 setiap transaksi pengisian saldo akun Virgo melalui Alfamart/Alfamidi, Bank CIMB Niaga dan Bank BCA.

Pengembalian biaya admin isi saldo ini akan diterima dalam bentuk cashback selama 2x24 jam setelah transaksi top up berhasil dilakukan.

Kekurangan Aplikasi Virgo

Meski aplikasi e-wallet Virgo ini memiliki berbagai jenis layanan dan promo menarik, aplikasi Virgo juga memiliki beberapa kekurangan:

Belum bisa digunakan untuk berbelanja di Alfamart/Alfamidi

Sedikit ironis, karena aplikasi Virgo menerima pengisian saldo akun Virgo melalui Alfamart/Alfamidi dan juga uang kembalian/receh dari belanja di Alfamart/Alfamidi. Tapi aplikasi Virgo justru belum bisa digunakan untuk membayar belanja di Alfamart/Alfamidi. Semoga ini bisa menjadi masukan untuk aplikasi Virgo.

Belum tersedianya metode pembayaran dengan Token atau Scan QR

Kekurangan aplikasi Virgo berikutnya adalah belum memiliki metode pembayaran menggunakan Token atau Scan QR seperti e-wallet lainnya. Ini berkaitan dengan belum bisa digunakan untuk berbelanja di Alfamart/Alfamidi atau di toko pusat perbelanjaan lainnya.

Cara Top Up Saldo Aplikasi Virgo

Ada beberapa cara top up saldo di aplikasi Virgo, antara lan:

Top up di Minimarket Alfamart/Alfamidi

Top up saldo melalui Alfamart/Alfamidi dikenakan biaya admin Rp 1.000 dan minimal nominal top up adalah Rp 20.000. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi minimarket Alfamart/Alfamidi terdekat
  2. Minta bantuan kasir untuk mengisi saldo aplikasi Virgo
  3. Beritahu nomor ponsel kamu yang terdaftar di akun Virgo
  4. Isi nominal top up yang kamu inginkan (ada beberapa pilihan nominal top up: Rp 20.000, Rp 50.000, Rp 100.000, Rp 200.000, Rp 300.000, Rp 400.000 dan Rp 500.000
  5. Bayar tunai sesuai nominal top up (dikenakan biaya admin Rp 1.000)
  6. Cek saldo di aplikasi Virgo kamu apakah saldo sudah bertambah di menu Riwayat Transaksi
  7. Simpan struk Alfamart/Alfamidi untuk bukti pembayaran

Top up dari Kembalian Belanja di Minimarket Alfamart/Alfamidi

Top up melalui kembalian/uang receh belanja di Alfamart/Alfamidi tidak dikenakan biaya admin (gratis). Minimal nominal top up adalah Rp 1 dan maksimal nominal top up nya Rp 1.999 dengan limit top up kembalian 3x transaksi/hari. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi minimarket Alfamart/Alfamidi terdekat
  2. Silakan belanja barang-barang yang ingin kamu beli, dan lakukan pembayaran secara tunai di kasir
  3. Minta kasir untuk memasukkan kembaliannya ke saldo akun Virgo kamu (Rp 1 - Rp 1.999)
  4. Beritahu nomor ponselmu yang terdaftar di aplikasi Virgo
  5. Cek saldo di aplikasi Virgo kamu apakah sudah bertambah di menu Riwayat Transaksi
  6. Simpan struk Alfamart/Alfamidi untuk bukti pembayaran

Top Up Melalui BCA

Top up melalui Bank BCA dikenakan biaya admin Rp 1.000. Minimal nominal top up adalah Rp 10.000. Berikut langkah-langkahnya:

Top Up Melalui ATM BCA

  1. Masukkan kartu ATM dan PIN kamu
  2. Pilih menu Transaksi Lainnya > Transfer
  3. Masukkan nomor Virtual Account sesuai yang tertera di aplikasi Virgo kamu
  4. Masukkan nominal top up yang diinginkan (minimal Rp 10.000)
  5. Cek kembali transaksi, kemudian pilih konfirmasi Benar/Ya
  6. Periksa saldo di aplikasi Virgo kamu apakah sudah bertambah di menu Riwayat Transaksi
  7. Simpan struk Alfamart/Alfamidi untuk bukti pembayaran

Top Up Melalui Mobile Banking BCA

  1. Login ke aplikasi m-BCA kamu
  2. Pilih menu m-Transfer > BCA Virtual Account
  3. Masukkan nomor Virtual Account sesuai yang tertera di aplikasi Virgo kamu klik OK dan Send
  4. Masukkan nominal top up yang diinginkan (minimal Rp 10.000) klik OK dan masukkan PIN m-BCA mu untuk konfirmasi
  5. Periksa saldo di aplikasi Virgo kamu apakah sudah bertambah di menu Riwayat Transaksi

Top Up Melalui Internet Banking BCA

  1. Login ke klikBCA kamu
  2. Pilih menu Transfer Dana > Transfer ke BCA Virtual Account
  3. Masukkan nomor Virtual Account sesuai yang tertera di aplikasi Virgo kamu klik Lanjutkan
  4. Masukkan nominal top up yang diinginkan (minimal Rp 10.000) klik Lanjutkan
  5. Ikuti instruksi higga transaksi berhasil
  6. Periksa saldo di aplikasi Virgo kamu apakah sudah bertambah di menu Riwayat Transaksi

Top Up Melalui CIMB Niaga

Top up melalui Bank CIMB Niaga juga dikenakan biaya admin sebesar Rp 1.000/transaksi. Minimal nominal top up melalui Bank CIMB Niaga adalah Rp 10.000. Berikut langkah-langkah cara mengisinya:

Top Up Melalui ATM CIMB Niaga

  1. Masukkan kartu ATM dan PIN kamu
  2. Pilih menu Transfer > Transfer ke Virtual Account
  3. Masukkan nomor Virtual Account sesuai yang tertera di aplikasi Virgomu
  4. Masukkan nominal top up yang diinginkan
  5. Ikuti instruksi pada mesin ATM hingga transaksi berhasil
  6. Periksa saldo di aplikasi Virgo kamu apakah sudah bertambah di menu Riwayat Transaksi
  7. Simpan struk Alfamart/Alfamidi untuk bukti pembayaran

Top Up Melalui Mobile Banking CIMB Niaga

  1. Login ke OCTO Mobile kamu
  2. Pilih menu Pembelian dan Isi Ulang
  3. Pilih menu e-Wallet
  4. Pilih Virgo
  5. Pilih rekening sumber dana
  6. Masukkan nomor ponsel yang terdaftar di aplikasi Virgo
  7. Masukkan nominal top up yang diinginkan
  8. Ikuti instruksi selanjutnya hingga transaksi berhasil
  9. Periksa saldo di aplikasi Virgo kamu apakah sudah bertambah di menu Riwayat Transaksi

Top Up Melalui Internet Banking CIMB Niaga

  1. Login ke OCTO Clicks kamu
  2. Pilih menu Pembelian dan Isi Ulang
  3. Pilih menu e-Wallet
  4. Pilih Virgo
  5. Pilih rekening sumber dana
  6. Masukkan nomor ponsel yang terdaftar di aplikasi Virgo
  7. Masukkan nominal top up yang diinginkan
  8. Pilih tanggal transaksi sekarang
  9. Ikuti instruksi selanjutnya hingga transaksi berhasil
  10. Periksa saldo di aplikasi Virgo kamu apakah sudah bertambah di menu Riwayat Transaksi

Top Up Melalui Bank Lainnya

Top up melalui Bank selain BCA dan CIMB Niaga dikenakan biaya admin Rp 6.500. Minimal nominal top up adalah Rp 10.000. Berikut langkah-langkahnya:

Top Up Melalui ATM Bank Lainnya

  1. Masukkan kartu ATM dan PIN kamu
  2. Pilih menu Transfer > Transfer ke Bank Lain
  3. Pilih bank CIMB Niaga atau masukkan kode bank 022 untuk
  4. Masukkan nomor Virtual Account sesuai yang tertera di aplikasi Virgo kamu
  5. Masukkan nominal top up yang diinginkan (minimal Rp 10.000)
  6. Ikuti instruksi selanjutnya hingga proses transfer selesai
  7. Periksa saldo di aplikasi Virgo kamu apakah sudah bertambah di menu Riwayat Transaksi
  8. Simpan struk Alfamart/Alfamidi untuk bukti pembayaran

Top Up Melalui Mobile Banking Bank Lainnya

  1. Masukkan kartu ATM dan PIN kamu
  2. Pilih menu Transfer > Transfer ke Bank Lain
  3. Pilih bank CIMB Niaga atau masukkan kode bank 022
  4. Masukkan nomor Virtual Account sesuai yang tertera di aplikasi Virgo kamu
  5. Masukkan nominal top up yang diinginkan (minimal Rp 10.000)
  6. Ikuti instruksi selanjutnya hingga proses transfer selesai
  7. Periksa saldo di aplikasi Virgo kamu apakah sudah bertambah di menu Riwayat Transaksi
  8. Simpan struk Alfamart/Alfamidi untuk bukti pembayaran

Top Up Melalui Internet Banking Bank Lainnya

  1. Masukkan kartu ATM dan PIN kamu
  2. Pilih menu Transfer > Transfer ke Bank Lain
  3. Pilih bank CIMB Niaga atau masukkan kode bank 022
  4. Masukkan nomor Virtual Account sesuai yang tertera di aplikasi Virgo kamu
  5. Masukkan nominal top up yang diinginkan (biaya Rp 6.500/transaksi)
  6. Ikuti instruksi selanjutnya hingga proses transfer selesai
  7. Periksa saldo di aplikasi Virgo kamu apakah sudah bertambah di menu Riwayat Transaksi
  8. Simpan struk Alfamart/Alfamidi untuk bukti pembayaran

Demikianlah review dan penjelasan tentang aplikasi Virgo. Semoga bermanfaat.

Simak juga : Review dan Penjelasan Lengkap Aplikasi AstraPay