Apa Itu Afiliator? Apakah Afiliator Legal atau Ilegal? - News Portal

Apa Itu Afiliator? Apakah Afiliator Legal atau Ilegal?


Belakangan ini istilah afiliator mendadak menjadi tren di Indonesia, setelah kasus tertangkapnya Youtuber Indra Kenz yang mempromosikan platform trading ilegal Binomo. Lalu apa sebenarnya pengertian afiliator itu?

Apa Itu Afiliator?

Afiliator adalah profesi dari seorang pelaku bisnis yang memperoleh komisi dengan cara mempromosikan, mengajak atau merekomendasikan suatu produk orang atau pihak lain baik berupa barang dan jasa.

Sebelum adanya kasus yang menimpa Indra Kenz ini, istilah afiliator sangat jarang bahkan tidak pernah ditemui baik di media cetak, media elektronik atau pun media online.

Jika kamu mencari kata 'Afiliator' atau 'Affiliator' di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo atau mesin pencari lainnya, kamu tidak akan pernah menemui informasi istilah baru ini sebelum pertengahan tahun 2021.

Website sekelas Wikipedia pun tidak pernah membahas tentang istilah baru ini. Wikipedia justru merujuk ke pengertian 'affiliate' atau 'afiliasi'. Bahkan di KBBI jika kamu mencari kata 'Afiliator' juga tidak akan kamu temui.


Profesi afiliator bisa dijalankan secara online (daring) atau pun offline (luring). Namun afiliator lebih sering dijalankan secara online.

Di dunia maya (online) seorang afiliator biasanya mempromosikan atau merekomendasikan produk-produk seperti software, aplikasi, program bisnis, dan barang-barang yang dijual di e-commerce marketplace seperti Amazon, Ebay, Etsy, Shopee, Tokopedia, Blibli dan sejenisnya.


Afiliator biasanya mendaftarkan diri dulu ke penyelenggara program afiliasi. Setelah berhasil mendaftar, afiliator akan memperoleh kode id dan nantinya mereka akan memperoleh link produk-produk yang sudah terdapat kode id mereka. Link-link inilah yang akan mereka promosikan di media sosial, blog atau di platform periklanan online.

Sedangkan di dunia nyata afiliator lebih dikenal dengan nama makelar, perantara atau calo. Biasanya mereka mempromosikan rumah, tanah, mobil dan lain-lain. Jika barang-barang yang dia promosikan tersebut berhasil terjual, afiliator akan memperoleh komisi sesuai dengan kesepakatan sebelumnya dengan si penjual.


Singkatnya, afiliator atau affiliate marketer ini bukanlah menjual produk atau pemilik produk, tapi mereka mengajak atau menggiring calon pembeli ke penjual suatu produk, dan jika terjadi pembelian, afiliator akan memperoleh komisi dari si penjual.

Apakah Afiliator itu Ilegal?

Afiliator atau affiliate marketer bukan pofesi yang ilegal atau penipu. Tapi seorang afiliator bisa menjadi profesi yang ilegal jika produk yang dia rekomendasikan adalah produk ilegal yang melanggar hukum dan merugikan banyak konsumen.

Kesimpulan

Afiliator itu hanyalah istilah baru dari affiliate marketer. Prinsip dan alur bisnis afiliator ini pada dasarnya sama saja dengan affiliate marketer. Afiliator lebih mudah dibaca dan diingat daripada affiliate marketer. Jadi afiliator itu sama dengan affiliate marketer.