3 Cara Menghubungkan Perangkat Headset Bluetooth ke PS5 - News Portal

3 Cara Menghubungkan Perangkat Headset Bluetooth ke PS5

Perusahaan raksasa Sony telah merilis produk video game andalannya Sony PlayStation 5 (PS5) pada November 2020. Meskipun PS5 dibanderol dengan harga yang cukup mahal, tidak membuat para pecinta PlayStation mengurungkan niatnya untuk memiliki video game yang pertama kali muncul pada tahun 1994 ini. PS5 memang tidak dilengkapi koneksi bluetooth bawaan (built-in), tapi kamu bisa menghubungkan headset atau headphone bluetooth kamu dengan menambahkan perangkat tambahan, walau cara ini hanya bisa digunakan untuk mendengar suara audio saja.

Cara menghubungkan perangkat headset/headphone bluetooth ke PS5 ini bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat tambahan bluetooth transmitter dan bluetooth adaptor. Selain itu headset wireless ataupun headphone bluetooth AUX 3.5 mm juga bisa digunakan untuk menghubungkan audio ke PS5.


Sony telah menyediakan beberapa headset wireless yang kompatibel dengan PS5 ini, seperti Pulse 3D Headset, Platinum Wireless Stereo Headset, Gold Wireless Headset dan New Gold Wireless Headset.

Cara Menghubungkan Headset Wireless ke PS5

Berikut ini langkah-langkah cara menghubungkan headset wireless ke PS5 tanpa perlu menggunakan perangkat tambahan:
  • Hidupkan PS5
  • Colokkan USB dongle ke salah satu port USB yang ada di PS5
  • Hidupkan headset wireless
  • Buka menu Settings
  • Pilih Sound > Audio Output > Output Device
  • Atur Output Device ke USB Headset
  • Atur model/type headset wireless kamu. Kalau pengaturan sudah dilakukan dengan benar, kamu sudah bisa mendengar suara audio di headset kamu

3 Cara Menghubungkan Headset Bluetooth ke PS5

Meskipun PS5 tidak memiliki fitur koneksi bluetooth bawaan, kamu masih bisa menghubungkan headset bluetooth ke PS5 dengan cara-cara berikut ini:

Cara 1: Menggunakan Bluetooth Transmitter

Cara pertama menghubungkan headset bluetooth ke PS5 ini kamu membutuhkan perangkat tambahan bluetooth transmitter. Jangan sampai salah ya, bukan bluetooth receiver.

Langkah-langkah menghubungkannya adalah sebagai berikut:

1. Hubungkan bluetooth transmitter ke PS5

Colokkan dongle USB dari bluetooth transmitter ke salah satu port USB yang ada di PS5.

2. Sambungkan bluetooth transmitter dengan headset bluetooth

Di tahap ini proses koneksi tergantung model dari bluetooth transmitter. Ada yang langsung otomatis terkoneksi dan lampu LED langsung berkedip. Ada juga yang perlu menekan tombol ON terlebih dahulu supaya dapat terhubung. Tahan tombol ON pada transmitter hingga lampu LED mulai hidup

3. Atur Pengaturan Audio Output PS5

Berikut langkah-langkah mengatur settingan audio output PS5:

  • Buka Menu Settings PS5
  • Pilih Sound >> Audio Output
  • Atur Output Device menjadi USB Headset

Sekarang headset bluetooth kamu sudah terhubung dengan PS5 meskipun kamu hanya bisa mendengar audio/suara, microphone dari headset kamu tidak berfungsi, jadi sekarang headset kamu fungsinya sama dengan headphone.

Cara 2: Menggunakan Adaptor Bluetooth

Sebagian besar TV sekarang ini sudah memliki koneksi bluetooth built-in. Karena pada dasarnya TV modern sekarang ini memang dirancang untuk dapat menonton TV menggunakan headset dengan koneksi bluetooth. Pada dasarnya suara/audio yang keluar dari TV melalui speaker TV tersebut dipindahkan ke headset/headphone bluetooth, sehingga audio yang keluar dari TV akan terdengar, termasuk saat kamu bermain PS5.

Tapi jika TV kamu tidak memiliki fitur koneksi bluetooth, kamu bisa mecoba cara kedua ini. Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan adaptor bluetoth yang memiliki AUX 3.5 mm

Meski tidak seluruhnya, tapi pada umumnya adaptor bluetooth AUX 3.5 mm bisa digunakan pada TV model sekarang.

2. Hubungkan adaptor bluetooth ke TV

Jika adaptor bluetooth yang kamu beli memiliki switch TX/RX, gunakan transmisi TX.Colokkan kabel AUX jack 3.5 mm adaptor kamu ke port AUX output TV kamu. Biasanya port AUX 3.5 mm ini berada di belakang TV yang diberi label AUX OUTPUT, audio OUTPUT, line OUTPUT atau sejenisnya. Colokkan kabel USB di adaptor bluetooth ke port USB yang ada di TV kamu, ini berfungsi sebagai energi daya.

3. Hubungkan adaptor bluetooth dengan headset/headphone bluetooth

Tekan dan tahan tombol pairing di kedua perangkat ini secara bersamaan. Jika tersambung dengan baik, biasanya lampu LED akan menyala

4. Atur Output Audio TV

Silakaan kamu atur output audio kamu dengan membuka menu setting di remote yang biasanya berada di menu audio atau sound. Kemudian kamu cari sub-menu sound output atau audio output, ubah ke AUX OUTPUT/audio OUTPUT/line OUT atau sejenisnya sesuai nama label yang ada di port AUX TV kamu tadi.

Cara 3: Menggunakan Headphone/headset bluetooth AUX 3.5 mm ke Stick Controller PS5

Cara terakhir ini sebenarnya tidak menggunakan koneksi bluetooth, tapi menggunakan koneksi kabel AUX 3.5 mm. Namun setidaknya cara ini bisa kamu gunakan jika kedua cara sebelumnya tidak berhasil.

Cara ketiga ini cukup mudah, kamu tinggal mencolokkan kabel AUX 3.5 mm headset bluetooth kamu ke port AUX 3.5 mm yang ada di stick controller PS5 kamu. Dan biasanya suara yang dihasilkan lebih jernih dan hampir tanpa delay sound, meski kabel AUX ini membuat sedikit kurang nyaman pada saat kamu memegang controller PS5 kamu.