Tan Tjaen Eng Hidup Dengan Tumor di Sekujur Tubuhnya - Portal Berita

Jumat, 03 September 2021

Tan Tjaen Eng Hidup Dengan Tumor di Sekujur Tubuhnya

Tan Tjaen Eng, 59 tahun adalah salah satu warga Indonesia yang mengidap tumor kulit terparah di dunia. Penyakit ini dikenal dengan nama Neurofibromatosis. Seluruh permukaan tubuhnya,kepala, badan, tangan, kaki punggung sudah dipenuhi benjolan-benjolan tumor jinak.

Tan Tjaen Eng awalnya dilahirkan dengan normal. Kisah sedih Tan berawal saat dia berumur 5 tahun.  Saat itu ia jatuh saat bermain bola, dan melukai matanya. Kejadian itu meninggalkan benjolan yang besar.


Dokter sudah menyarankan untuk segera dioperasi, namun karena khawatir akan terjadi apa-apa nanti ke depannya, orangtua Tan menolak saran dokter tersebut. Saat usianya menginjak 25 tahun, benjolan-benjolan ini semakin parah dan mulai menyebar hampir di seluruh tubuhnya.


Kondisi ini membuatnya kehilangan kesempatan untuk mencari pekerjaan. Untungnya adik bungsunya, Salim, merawatnya. Saat ini Tan tinggal di Bekasi Utara bersama adik dan keponakannya.

Tan Tjaen Eng tidak pernah merasa sedih dengan kondisi yang membuatnya sulit berbicara dan melihat ini. Dia yakin ini semua sudah ditakdirkan oleh Tuhan untuknya.


Salim dan juga keponakan Tan sangat kagum dengan ketabahan Tan yang luar biasa meski ia dikucilkan oleh warga sekitar. Tan tidak pernah merasa sedih dan malu karena orang-orang tidak ada yang mau mendekatinya.