Nadia Lauricella Wanita Pengidap Phocomelia Syndrome - Portal Berita

Rabu, 01 September 2021

Nadia Lauricella Wanita Pengidap Phocomelia Syndrome

Nadia Lauricella adalah salah satu wanita Italia yang memiliki kelainan Phocomelia Syndrome, yaitu sebuah kelainan genetik yang cukup langka dimana si penderita memiliki tangan atau kaki yang pendek, bahkan terkadang tidak ada sama sekali. Di kasus Nadia, dia tidak memiliki kedua tangan, tulang belakang yang bungkuk dan kedua kaki yang kurang sempurna.


Menurut keterangan sang ibu, Giuseppina ,saat mengandung Nadia, dia rutin memeriksa kehamilannya, selama pemeriksaan tidak ada gejala atau kelainan di kehamilannya. Nadia lahir kembar, namun saudara kembarnya lahir dengan kondisi sempurna, sedangkan Nadia lahir dengan kondisi cacat.


Di masa kecilnya Nadia selalu bermain dengan saudara kembarnya. Di sekolah pun  Nadia memiliki banyak teman yang memperlakukannya dengan baik.  Beruntungnya, Nadia dikelilingi orang-orang yang menerima kondisi wanita berusia 27 tahun ini, sehingga tidak ada orang yang mengejeknya.  Satu-satunya kendala adalah tanggapan pesimis dari orang-orang di sekitarnya terhadap kemampuan aktifitas Nadia.

Semenjak itu dia berusaha keras untuk melakukan aktifitasnya sendiri, seperti berjalan, berdandan sehingga tidak menyusahkan orang lain. Saat ini Nadia menggunakan tangan buatan (Prostetik) untuk mempermudah aktifitasnya sehari-hari. Selain itu Nadia juga rajin melatih  keseimbangannya berdiri dan memperkuat kakinya.


Bahkan Nadia melakukan terapi yang cukup unik, yaitu terapi menggunakan sepeda motor. Dia juga mendirikan sebuah organisasi terapi sepeda motor yang diperuntukkan bagi para penyandang cacat.

Nadia telah memberikan inspirasi yang luar biasa bagi keluarganya maupun orang-orang disekitarnya. Dia mengajarkan untuk selalu bersyukur, jangan berputus asa, dan jangan pernah menilai seseorang hanya dari fisik/penampilannya.