Inilah 13 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari yang Jarang Diketahui - Portal Berita

Sabtu, 11 September 2021

Inilah 13 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari yang Jarang Diketahui

Minum air hangat di pagi hari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, antara lain untuk menjaga berat badan tetap ideal, menjaga kesehatan kulit dan rambut, mencegah stres, membuang racun pada saluran pencernaan dan mencegah batu ginjal.

Sebenarnya kebiasaan minum air hangat ini sudah dilakukan oleh orang-orang sejak dulu. Jika kamu pernah makan di suatu rumah makan padang, kamu akan selalu disuguhi air hangat. Masakan padang dikenal dengan kandungan minyak dan santannya. Air hangat ini berfungsi untuk membersihkan saluran pencernaan dari sisa minyak ataupun santan dari makanan itu. Inilah salah satu manfaat air hangat yang luar biasa. Air hangat yang direkomendasikan untuk diminum adalah air yang memiliki suhu rata-rata sekitar 62° Celcius. Dan jangan melebihi suhu air 71° Celcius karena akan menyebabkan luka bakar ringan dan melepuh.

Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari Bagi Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan jika rutin minum air hangat di pagi hari saat perut masih kosong:

1. Meredakan Hidung Tersumbat dan Sakit Tenggorokan 

Dalam tubuh manusia memiliki selaput lendir di daerah sinus, yaitu  rongga kecil yang saling terhubung di dalam tulang tengkorak ke saluran udara. Sinus terletak di bagian belakang tulang dahi, bagian tulang pipi, kedua sisi batang hidung, dan juga di belakang mata. Minum air hangat di pagi hari dapat membantu menghangatkan area sinus tersebut sehingga dapat meredakan pilek atau hidung yang tersumbat. Selain itu air putih hangat dapat  dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir.

Menurut sebuah studi tahun 2008 minuman hangat seperti teh, memberikan bantuan yang cepat dan tahan lama dari pilek, batuk, sakit tenggorokan. Air putih hangat jauh lebih efektif daripada yang bersuhu normal.

2. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Air hangat membantu menjaga sistem pencernaan tetap berjalan dengan baik. Saat air bergerak melalui lambung dan usus, tubuh lebih mampu membuang limbah atau kotoran. Beberapa percaya bahwa minum air hangat sangat efektif untuk mengaktifkan kembali sistem pencernaan. Teorinya adalah air panas dapat melarutkan dan menghilangkan makanan yang Anda makan yang mungkin sulit dicerna oleh tubuh Anda.

3. Meningkatkan Fungsi Sistem Saraf Pusat

Tidak mendapatkan asupan air hangat yang cukup, dapat berefek negatif pada fungsi sistem saraf, yang pada akhirnya mempengaruhi suasana hati dan juga fungsi otak. Penelitian tahun 2019 telah menunjukkan bahwa  minum air hangat di pagi hari dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat, serta suasana hati.

4. Dapat Membantu Meringankan Sembelit

 
Sembelit adalah sebuah gangguan pencernaan yang menyebabkan si penderita kesulitan untuk buang air besar (BAB). Penyebab umum dari sembelit ini adalah karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Minum air hangat adalah cara yang efektif untuk mencegah dan meredakan sembelit. Dengan tercukupnya cairan dalam tubuh akan membantu melunakkan tinja dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan. Jadi, mulailah rutin minum air hangat di pagi hari untuk menjaga buang air besar menjadi teratur.

5. Membuat Tubuh Tetap Terhidrasi

 
Minum air hangat akan membantu tubuh tetap terhidrasi. Institute of Medicine merekomendasikan bahwa wanita setidaknya meminum 2,3 liter air setiap hari dan pria setidaknya 3,3 liter setiap hari. Pada dasarnya, ini termasuk air dari makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan cairan apapun. Cobalah memulai hari kamu dengan satu gelas air hangat supaya tubuhmu tetap selalu terhidrasi.
 

6. Mengurangi Rasa Menggigil Saat Kedinginan

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa meskipun respon alami tubuh dalam kondisi dingin adalah menggigil, namun minum air hangat dapat membantu mengurangi rasa menggigil tersebut. Para peneliti menemukan bahwa dengan meminum air hangat akan meringankan kerja tubuh menjaga suhu normalnya.

7. Memperlancar Sirkulasi Darah

Aliran darah yang sehat mempengaruhi segala hal mulai dari tekanan darah kita hingga risiko penyakit kardiovaskular. Mandi air hangat membantu organ peredaran darah Anda khususnya arteri dan vena mendistribusi darah lebih efektif ke seluruh tubuh Anda. Minum air hangat memungkinkan untuk memiliki efek yang sama. Rasa hangat dari minum air hangat di pagi hari dapat membantu tubuh menjadi rileks dan membuat tidur kamu menjadi nyenyak di malam harinya.

8. Dapat Menurunkan Tingkat Stres

 
Karena minum air hangat membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, hal ini akan mengurangi tingkat stres. Menurut sebuah studi tahun 2014, orang yang jarang minum air, baik itu air hangat ataupun normal mengakibatkan perasaan tidak tenang, tidak puas dan cenderung lebih emosional dan labil. Karena itu, tetaplah  terhidrasi untuk meningkatkan suasana hati dan relaksasi Anda.

9. Dapat Membantu Sistem Detoksifikasi Tubuh

Meskipun tidak ada bukti pasti air hangat  memiliki manfaat khusus dalam mendetoksifikasi tubuh, namun sebuah studi tahun 2020 menemukan bahwa minum air hangat dapat membantu melindungi ginjal sambil mengencerkan racun dalam darah.

Menurut Arthritis Foundation, air minum penting untuk membersihkan tubuh Anda. Ini juga dapat membantu melawan peradangan, menjaga persendian tetap terlumasi dengan baik, dan mencegah asam urat.

10. Dapat Membantu Meringankan Gejala Akalasia

 
Akalasia merupakan suatu kondisi di mana kerongkongan mengalami kesulitan memindahkan makanan ke dalam lambung. Biasnya orang yang mengidap akalasia akan mengalami kesulitan untuk menelan. Mereka mungkin merasa seolah-olah makanan tersangkut di kerongkongan mereka alih-alih pindah ke perut. Dalam medis ini disebut dengan disfagia.

Para peneliti tidak yakin apa penyebab kondisi, namun yang pasti sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa minum air hangat di pagi hari dapat membantu penderita akalasia mencerna makanan lebih lancar.

11. Mencegah Penuaan Dini

 
Manfaat minum air hangat selanjutnya adalah dapat mencegah penuaan dini. Kulit yang kurang mendapat asupan air yang cukup, akan terlihat kusam, berkeriput dan kering. Dengan rutin minum air hangat setiap hari akan memperbaiki kelembaban dan juga sel-sel kulit yang akan membuat kulit menjadi lebih sehat, cerah, dan awet muda.

12. Menjaga Kesehatan Rambut

Pada dasarnya rambut akan tumbuh dengan normal di kulit kepala yang terjaga kelembabannya. Rambut yang kurang kelembabannya akan terlihat kusam, kering, dan mudah rontok serta rapuh. Air terbukti mampu memberi nutrisi pada ujung saraf untuk meningkatkan vitalitas alami di akar rambut.

13. Menjaga Berat Badan yang Ideal

Manfaat minum air hangat di pagi juga mampu menjaga berat badan tetap ideal. Ini dikarenakan air hangat mampu meningkatkan dan memperbaiki sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang baik akan mampu  menyerap dan makanan dengan baik, sehingga nutrisi pun akan mudah diserap oleh tubuh. Selain itu jika seseorang memulai harinya dengan minum air hangat akan mencegahnya untuk makan terlalu banyak dan tidak mudah lapar.

Itulah 13 manfaat minum air hangat di pagi hari jika rutin dilakukan setiap hari.