Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Lengkap Cara Mengisi Aplikasi E-Kinerja Kota Jambi


E-Kinerja Kota Jambi atau sering juga ditulis Ekinerja Kota Jambi adalah aplikasi milik Pemerintah Kota Jambi yang bertujuan untuk mencatat kinerja harian Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Pemerintah Kota Jambi. Berdasarkan informasi data dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSMD) Kota Jambi, saat ini jumlah ASN di Pemerintah Kota Jambi yang masih aktif bekerja tercatat sebanyak 5687 orang yang terdiri dari 3935 ASN perempuan dan 1752 ASN laki-laki (tahun 2021).


Manfaat sistem aplikasi E-Kinerja Kota Jambi ini selain untuk memantau kinerja dan menilai hasil kerja ASN Pemerintah Kota Jambi juga sebagai acuan dan kelengkapan dokumen untuk pemberian Tunjangan Tambahan Penghasilan (TPP) ASN setiap bulannya. Data di aplikasi E-Kinerja ini sudah terintegrasi langsung dengan Sistem Informasi dan Kepegawaian (SIMPEG) Pemerintah Kota Jambi.

Panduan Cara Mengisi Aplikasi E-Kinerja Kota Jambi


Saat ini aplikasi E-Kinerja Kota Jambi belum memiliki perangkat aplikasi khusus, jadi hanya bisa diakses langsung melalui website resminya baik menggunakan PC/laptop atau smartphone. Cara mengisi aplikasi E-Kinerja Kota Jambi ini akan dijelaskan sesederhana mungkin sehingga lebih mudah dipahami dan bisa dipraktekkan langsung.

1. Masuk ke Halaman Login


Untuk masuk ke halaman login, kunjungi https://e-kinerja.jambikota.go.id Masukkan Username dan Password dengan mengetikkan Nomor Induk Pegawai (NIP) Anda.


2. Pilih/Ubah Nama Atasan Langsung


Setelah Anda berhasil login, Anda akan masuk di halaman beranda E-kinerja. Langkah pertama adalah Anda harus mengedit nama atasan langsung. Caranya klik Edit Profile yang ada di halaman beranda tersebut. Ada 2 tombol Edit Profile, Anda bisa memilih salah satu.


Setelah Anda berada di halaman Edit Profile, pilih nama atasan langsung anda saat ini. Jangan mengubah data profil lainnya. Caranya klik panah kecil yang ada di pinggir kolom di kolom Atasan Langsung tersebut, nanti akan muncul nama-nama ASN beserta NIP nya, pilih nama atasan Anda, kemudian klik Submit.

Catatan: Langkah ini cukup dilakukan setiap nama atasan Anda berubah saja, jika tidak berubah maka Anda tidak perlu mengubahnya.

3. Isi SKP Tahunan


Cara mengisi E-Kinerja Kota Jambi berikutnya adalah mengisi SKP Tahunan. SKP Tahunan ini diisi sesuai dengan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) pada lembar Sasaran Kerja masing-masing ASN pada tahun itu. Cara mengisinya adalah sebagai berikut:

Klik menu SKP Tahunan yang ada di halaman beranda atau menu yang berada di samping kiri halaman. Setelah berada di halaman SKP Tahunan, klik tanda + untuk menambah SKP Tahunan.


Di halaman tambah SKP Tahunan, terdapat 4 kolom:

  1. Tahun, isi dengan tahun SKP.
  2. Kegiatan, isi uraian tugas Anda sesuai dengan di kolom Kegiatan Tugas Jabatan yang ada di SKP Anda.
  3. Target Kuantitas, isi sesuai dengan di kolom Target Kuantitas/Output SKP Anda
  4. Target Penyelesaian, isi berapa bulan target tugas akan dicapai sesuai dengan kolom Waktu di SKP Anda. Klik Submit.

Di bagian ini, Anda tidak perlu mengisnya setiap hari. Anda cukup mengisi di awal tahun saja atau terdapat perubahan dalam tugas Kegiatan Tugas Jabatan Anda di tahun itu.


4. Isi Laporan Kinerja SKP


Di bagian ini, Anda harus mengisi rutinitas pekerjaan Anda setiap hari. Cara mengisinya adalah sebagai berikut:

Pilih menu Laporan Kinerja SKP yang ada di halaman beranda atau di kolom samping tiap halaman. Kemudian klik tanda + yang berada di pojok kiri atas.



Setelah berada di halaman tambah kinerja SKP, terdapat 4 bagian yang harus Anda isi:

  1. Tanggal: Isi sesuai dengan tanggal bulan tahun yang akan Anda isi uraian pekerjaannya
  2. Kegiatan: Isi uraian tugas atau pekerjaan Anda
  3. Kuantitas: Isi kuantitas dan satuan dari uraian pekerjaan tersebut
  4. Klasifikasi SKP: Pilih klasifikasi tugas dari pekerjaan Anda tersebut. Pilihan dalam kolom ini akan muncul sesuai dengan apa yang Anda masukkan di bagian SKP Tahunan yang Anda isi di langkah 3 di atas. Jika telah selesai, klik Submit.

Demikianlah panduan lengkap cara mengisi aplikasi E-Kinerja Kota Jambi. Semoga bermanfaat.