Bagaimana Cara Agar Cepat Hamil? Berikut Tipsnya! - Portal Berita

Rabu, 15 September 2021

Bagaimana Cara Agar Cepat Hamil? Berikut Tipsnya!


Banyak wanita yang sudah lama berumah tangga atau pun yang baru saja menikah ingin segera hamil dan mendambakan seorang anak dalam keluarga mereka. Berbagai macam cara dilakukan untuk bisa cepat hamil. Dari cara tradisional sampai dengan cara yang paling modern. Berikut ini ada beberapa tips cara cepat hamil yang perlu Anda perhatikan.

Tips Cara Cepat Hamil Bagi Pasangan Suami-Istri


1. Pastikan Istri Dalam Masa Ovulasi


Ovulasi adalah proses dimana sel telur matang dikeluarkan dari ovarium atau indung telur ke tuba falopi (sebuah saluran yang menghubungkan antara ovarium dengan rahim) yang telah siap untuk proses pembuahan. Ovarium akan melepaskan hormon estrogen yaitu hormon yang berfungsi dalam perkembangan dan pertumbuhan kekhasan seksual dan proses reproduksinya, yang akan membuat lapisan rahim menjadi tebal sehingga bisa menerima sel telur yang telah dibuahi. Sel telur dan lapisan dinding rahim tersebut akan gugur jika tidak terjadi proses pembuahan, dan akan keluar dalam bentuk darah yang disebut menstruasi.

Bagaimana Cara Mengetahui Masa Ovulasi?


Menurut para ahli kedokteran masa ovulasi berada di pertengahan siklus menstruasi wanita (dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya). Siklus menstruasi wanita berbeda-beda, namun wanita pada umumnya memiliki siklus menstruasi di kisaran 28 hari, maka masa ovulasi dari siklus menstruasi ini adalah di kisaran hari ke-14. Masa ovulasi ini berlangsung cepat yaitu tidak lebih dari 24 jam.

2. Perhatikan Kesehatan Sperma Suami


Tips agar cepat hamil selanjutnya adalah menjaga kesehatan sperma suami, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

Cara Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Sperma Suami


Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan sperma suami, antara lain:
  • Mengkonsumsi makanan sehat, makanan yang dipercaya mampu menjaga memperbaiki dan meningkatkan kesuburan sperma adalah makanan yang mengandung likopen, yaitu senyawa karotenoid yang berperan dalam pigmen atau zat warna  kuning, jingga, atau merah yang terdapat pada tumbuhan, sayuran, dan juga buah-buahan, seperti tomat, tiram, taoge, telur, sayuran hijau, ikan laut, brokoli, bayam, kacang hijau.
  • Menghindari kebiasaan merokok dan minuman beralkohol, merokok dan minuman alkohol terbukti mengurangi jumlah sperma dan menurunkan kadar testosteron. Jika Anda suami yang menginginkan istri Anda agar cepat hamil, mulailah hindari kebiasaan ini.
  • Menghindari berendam air panas, karena suhu dari air panas ini bisa mengurangi bahkan membunuh sperma. Hindari kebiasaan ini jika Anda sedang menjalankan program hamil dengan istri Anda.

3. Kurangi Asupan Minuman Kafein Anda


Mengkonsumsi minuman berkafein pada kesuburan wanita yang ingin hamil memang masih menjadi perdebatan di antara para ahli kandungan dan ahli gizi, dikarenakan belum diketahui dengan pasti kafein bisa mengurangi kemungkinan hamil seorang wanita. Namun di beberapa penelitian justru membuktikan bahwa dosis kafein yang cukup tinggi dalam minuman bisa membuat wanita sulit untuk hamil.

4. Pastikan Istri Mencapai Orgasme


Beberapa riset telah membuktikan bahwa wanita yang  mencapai orgasme memudahkan jalan sperma untuk bergerak dari serviks menuju ke saluran tuba, karena rahim berkontraksi dengan maksimal untuk menerima proses pembuahan.Orgasme yang dicapai wanita akan membantu mendorong sperma menuju tuba falopi untuk bertemu sel telur

5. Berbaring Setelah Berhubungan Intin


Wanita yang mencapai orgasme, akan membuat wanita menjadi mengantuk. Ketika istri tertidur, membuatnya lebih lama berbaring dan itu baik untuk proses pembuahan. Wanita disarankan untuk tetap berbaring dan telentang dengan posisi paha sedikit lebih tinggi dari posisi perut. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan batal atau selimut tebal untuk diletakkan di bawah paha istri kurang lebih 15 menit. Posisi ini akan membantu sel sperma untuk bergerak berenang dengan benar ke arah sel telur.

Namun bagaimana jika Anda masih belum juga dikaruniai anak meskipun telah melakukan tips cara agar cepat hamil di atas? Berikut ini bisa menjadi rekomendasi buat Anda.

Cara Cepat Hamil